• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Bayar Listrik Online Dari Smartphone

ByCengkal

Nov 30, 2022

Listrik merupakan salah satu kebutuhan dalam keluarga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Bagi mereka yang masih menggunakan sistem pembayaran pasca bayar, tagihan listrik akan muncul di awal bulan dan jatuh tempo di tanggal 20 bulan tersebut. Untuk menghindari ketidaknyamanan saat menggunakan listrik, Anda harus melakukan pembayaran sebelum terlambat. Denda bisa ditambahkan jika Anda terlambat bayar bahkan mencabut aliran listrik di rumah atau bangunan yang sampai menunggak bayar listrik untuk beberapa bulan. Siapa sih yang ingin rumahnya tanpa aliran listrik di jaman sekarang? Karena itu jangan sampai lupa atau terlambat membayar listrik apalagi kini sudah ada cara bayar listrik online melalui smartphone yang sangat mudah dan cepat.

Anda para pengguna listrik masa kini pasti sudah memiliki smartphone. Di ponsel pintar tersebut Anda bisa menginstal berbagai aplikasi salah satunya yang memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Aplikasi yang akan memudahkan Anda tersebut tentunya harus terkoneksi dengan rekening atau saldo tabungan sehingga ada sumber keuangan yang dipakai untuk membayar berbagai transaksi. Aplikasi yang terbaik adalah aplikasi perbankan sesuai dengan bank yang Anda miliki sebagai tabungan. Salah satu aplikasi perbankan yang terbaik adalah mBCA yang menghubungkan Anda dengan rekening BCA milik sendiri untuk bisa melakukan berbagai transaksi secara online hanya dari smartphone.

Di mBCA Anda bisa melakukan banyak transaksi perbankan maupun non perbankan yang berhubungan dengan rekening di BCA. Salah satunya adalah membeli pulsa listrik atau membayar tagihan listrik. BCA sudah menyediakan menu khusus bagi nasabah pengguna mBCA untuk bisa membayar listrik dengan mudah sehingga tak perlu datang ke loket PLN untuk melakukan pembayaran. Dengan begitu kemungkinan terlambat bayar tagihan listrik akan sangat berkurang. Namun pastikan agar saldo tabungan cukup agar proses transaksi pembayaran bisa dilakukan.

Belum pernah melakukan pembayaran listrik menggunakan mBCA? Berikut ini adalah cara bayar listrik online menggunakan mBCA bagi Anda nasabah BCA:

  1. Buka aplikasi mBCA, masukkan kode akses untuk masuk ke menu utama.
  2. Pilih menu pembayaran.
  3. Pilih utility.
  4. Pilih PLN.
  5. Masukkan nomor ID Pelanggan klik lanjutkan.
  6. Akan terlihat tagihan listrik Anda, klik lanjut atau konfirmasi untuk melakukan pembayaran.
  7. Masukkan password untuk lanjut ke transaksi pendebetan rekening sesuai dengan jumlah tagihan.
  8. Jika transaksi berhasil mBCA akan memberikan notifikasi atau struk elektronik.

Untuk bisa menggunakan mBCA sebagai cara bayar online untuk tagihan PLN, Anda tentu harus punya aplikasi mBCA yang sudah didaftarkan dan dikoneksikan dengan rekening tabungan. Untuk aplikasinya sendiri bisa Anda unduh melalui AppStore kemudian melakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor rekening dan nomor atm. Setelah terkoneksi, mBCA bisa digunakan untuk berbagai transaksi perbankan Anda termasuk bayar listrik. Jangan lupa untuk mencatat terlebih dahulu ID pelanggan yang tertera di box meteran listrik rumah. Selain bayar listrik Anda juga bisa menggunakan mBCA untuk bayar tagihan PAM, BPJS dan lainnya.

Belum memiliki mBCA namun Anda harus segera bayar listrik? Jangan khawatir karena BCA memiliki cara bayar listrik lainnya yang juga bisa dilakukan dengan mudah. Caranya dengan membayar melalui ATM BCA. Masukkan kartu ATM dan password, lalu pilih menu Pembayaran. Pilih PLN lalu masukkan ID Pelanggan. Layar akan memunculkan nominal tagihan listrik beserta informasi. Pastikan informasi yang diberikan sudah sesuai, jika sudah pilih Lanjut / YA untuk lanjut ke transaksi pembayaran. Masukkan password untuk konfirmasi pendebetan rekening sesuai dengan nominal tagihan. Setelah berhasil ATM akan mengeluarkan struk pembayaran tagihan listrik Anda.

Kini dengan mBCA dan rekening BCA Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai cara bayar listrik susah. Dengan cara bayar listrik online  melalui mBCA dan ATM BCA Anda bisa bayar listrik kapan saja dan dari mana saja. Pastikan saldo BCA selalu tersedia dan cukup untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran khususnya kewajiban bulanan yang tidak boleh terlewat. Selain melakukan pembayaran tagihan, mBCA juga bisa membeli pulsa listrik bagi pelanggan PLN yang sudah menggunakan sistem Pra Bayar.

By Cengkal