Berikut Sejarah Singkat Berdirinya Bank BCA, Simak!!

Bank BCA merupakan salah satu bank swasta terbesar yang ada di Indonesia. Masyarakat Indonesia juga dari dulu sudah mempercayai untuk menabung di bank BCA. Kelahiran banyak pertanyaan-pertanyaan seputar Bank BCA seperti perbedaan BI fast dan real-time online BCA, Bagaimana cara mendaftar bank BCA, dan masih banyak lagi.

Bank swasta raksasa di Indonesia ini memiliki jutaan orang dan perusahaan di Indonesia nyatanya telah menggunakan Bank BCA untuk melakukan berbagai jenis transaksi. Bahkan Bank BCA juga sempat menjadi bagian dari Salim Group.

Untuk itu kali ini kita akan sedikit membahas tentang sejarah singkat berdirinya Bank BCA. Dan bagi kamu Yang penasaran simak ulasannya sebagai berikut. Dalam memulai perjalanannya Bank BCA saat ini telah menjadi milik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang sepenuhnya, yang mana mereka berdua juga merupakan pemilik dari produsen rokok terbesar di Indonesia yakni Djarum.

Mulai pada 21 Februari 1957 yang menjadi awal mula berdirinya Bank BCA. Sebut saja Soedono Salim atau yang akrab dikenal dengan Liem Sioe Liong yakni yang merupakan pendiri dari Bank BCA.

Tetapi asal muasal berdirinya Bank BCA nyatanya terbentuk pada tahun 1955 yakni merupakan NV Perseroan Dagang dan Industri Semarang Knitting Factory di mana pesan tersebut merupakan pabrik rajut.

Setelah perusahaan tersebut telah berjalan selama 2 tahun, NV Perseroan Dagang dan Industri memutuskan untuk mengubah nama menjadi NV Bank Central Asia. Pasca perubahan nama tersebut Soedono Salim memutuskan untuk memindahkan kantor pusat yang mana sebelumnya berada di Semarang ke Asemka, Jakarta pada tahun 1957.

Berlanjut setelah itu tepatnya pada tanggal 2 September tahun 1957 nama NV bank kembali diubah secara permanen yakni menjadi PT Bank Central Asia.

Setelah memutuskan untuk mengubah nama dan dipatenkan maka selanjutnya BCA harus mengembangkan dari sektor lain yakni pada 1977 Bank BCA melakukan merger atau bisa disebut penggabungan dengan dua bank lain. Dua bangun tersebut salah satunya adalah Bank Gemari yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Bang Gemari meninggalkan legacy yang cukup bermanfaat bagi Bank BCA yakni membuat BCA menjadi Bank devisa.

Karena telah berstatus sebagai Bank devisa BCA akan memanfaatkannya hingga pada tahun 1980-an BCA memutuskan untuk mengajukan permohonan kepada Bank Indonesia supaya mendapatkan perizinan untuk mengeluarkan dan mengedarkan kartu kredit atas nama BCA yang berlaku untuk internasional.

Belum sampai di situ saja nampaknya Bank BCA belum puas untuk mengembangkan perusahaannya, bahkan BCA memperluas jaringan kantor cabang dan mengembangkan beberapa produk dan layanan. Hal tersebut dilakukan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat luas bahkan BCA juga Mulai mengembangkan sistem teknologi informasi.

Dan pada tahun 1980-an program Tabungan Hari Depan atau yang kerap dikenal dengan Tahapan BCA lahir.

Dari situlah lahir sistem teknologi berupa anjungan tunai mandiri (ATM). Pengembangan sistem teknologi tersebut melibatkan kerjasama antara BCA dan PT Telkom yakni berupa kerjasama pembayaran tagihan telepon yang dapat dilakukan dari ATM BCA.

Itulah beberapa informasi yang dapat kamu sampaikan seputar sejarah singkat berdirinya Bank BCA. Mudah-mudahan informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua khususnya seputar sejarah berdirinya PT Bank Central Asia, apalagi jika kamu merupakan seorang yang memiliki cita-cita untuk membangun perusahaan, terima kasih.

Leave a Comment