4 Cara Mudah Mengatasi Keran Bocor di Rumah Tangga

Keran bocor tentu saja sangat mengganggu berbagai aktivitas misalnya mandi atau mencuci piring. Penyebab keran yang bocor bisa terjadi karena berbagai faktor tergantung dari tipe kerasnya sendiri. Ternyata keran yang umumnya banyak dipakai di Indonesia ada 4 jenis yaitu keran katrij, keran kompresi, peran piringan keramik dan juga keran bola.

Ketika keempat keran ini mengalami kebocoran, untuk cara perbaikannya tentu saja berbeda-beda. Maka dari itu Anda harus tahu pula bagaimana cara perbaikan keran ini dari berbagai jenis.

Perbaikan Keran Bocor

Berikut ini beberapa cara perbaikan keran dari empat jenis keran yang biasanya banyak dipakai di Indonesia.

1. Keran Katrij

  • Pertama untuk perbaikan keran katrij caranya adalah dengan membongkar terlebih dahulu keran dengan melepaskan sekrup pegangan lalu miringkan pegangan keran ke belakang dan tarik. Anda bisa manfaatkan tang runcing untuk melepaskan penahan berulir pada keran lalu luruskan ke atas.
  • Pada keran biasanya terdapat cincin berlambang huruf O dan bisa dipotong dengan menggunakan pisau cutter lalu lapisi cincin O baru dengan pelumas ledeng anti panas dan juga non toksik.
  • Untuk penggantian katrij perhatikan berapa panjang keran yang lama dengan yang baru, lalu sesuaikan ujung batang dengan tempat pegangan yang menempel.

2. Keran Kompresi

  • Keran satu ini sangat banyak ditemukan di rumah tangga. Jika keran bocor maka biasanya keran jenis kompresi membutuhkan pencuci baru. Anda bisa memanfaatkan obeng ataupun pisau cutter untuk mencongkel tutup dekoratif pada pegangan dan agar bisa memperlihatkan sekrup pembungkus.
  • Lepaskan sekrup pegangan dengan obeng lalu tarik keran. Melepas grup bisa menggunakan kunci inggris dan melonggarkan batang pegangan dari badan keran.
  • Buka sekrup pencuci dari ujung bawah pegangan agar bisa lepas dan mengganti pencuci tersebut lalu lapisi pencuci dengan pelumas ledeng dan toksik dan anti panas. Ganti cincin O dengan ukuran yang tepat. Terkadang keran kompresi bagian pencucinya juga bisa rusak dan bocor, untuk itu cara perbaikannya adalah dengan mengganti pencuci asli dengan yang baru.

3. Keran Piring Keramik

  • Untuk koran jenis ini cara perbaikannya adalah dengan mendorong gagang ke belakang agar sekrup bisa diakses. Lepaskan bagian penutup dan buka sekrup pemasangan silinder menggunakan obeng tumpul. Jika bagian segel rusak maka bisa diganti.
  • Untuk membersihkan silinder bisa memakai cuka putih suling dan sabut gosok agar bukaan silinder tetap bersih lalu pasang kembali segel dan pasang kembali faucet.
  • Anda bisa pindahkan pegangan ke posisi on lalu nyalakan kembali air untuk mengetes.

4. Keran Bola

Pada keran bola, cara mengatasi kebocoran adalah dengan mencari terlebih dahulu penyebab kebocorannya. Keran bola cukup sulit untuk perbaikan kebocoran karena punya banyak komponen yang kecil. Setelah mengetahui penyebab kebocoran Anda bisa membeli berbagai komponen pengganti yang baru saja untuk menyelesaikan masalah.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan ketika memperbaiki keran bocor pada 4 jenis keran. Jika Anda tidak tahu cara perbaikannya meskipun sudah membaca beberapa poin di atas, maka pastikan untuk menggunakan jasa ledeng saja. Jasa ini tentu saja dapat membantu anda untuk segala kerusakan komponen alat pengairan di rumah tangga.

Menemukan jasa ledeng juga sangat mudah anda bisa memanfaatkan Sejasa. Platform ini akan membantu untuk menemukan jasa ledeng terbaik dan juga profesional serta mudah dipanggil ke rumah. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Sejasa di aplikasi dan website resmi.

Leave a Comment