LEMON TEA

 

Lemon tea atau teh lemon ialah minuman menyegarkan yang memiliki banyak manfaat di antaranya ialah membantu Anda dalam mengatur dan mengurangi jumlah kalori yang telah Anda konsumsi asalkan rutin Anda konsumsi. Lemon tea dapat Anda nikmati saat pagi, siang ataupun malam hari juga dapat dinikmati dengan es maupun hangat.

Berikut akan kita ulas beberapa manfaat yang diberikan oleh lemon tea jika kita rutin mengonsumsinya.

  1. Sebagai pelindung tubuh dari stres oksidatif lingkungan, karena lemon tea memiliki kandungan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat sehingga dapat membantu tubuh Anda agar terlindungi dari stres oksidatif lingkungan dan mengurangi risiko penyakit degeneratif. Lemon juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat melawan radikal bebas sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.
  2. Mengurangi risiko kanker lambung, kanker payudara, dan kanker usus besar, karena lemon mengandung senyawa seperti flavonoid dan limonoid yang memiliki sifat anti kanker sehingga dapat memblokir pertumbuhan sel kanker manusia pada berbagai fase siklus sel dan antioksidan yang berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung, lemon memiliki sumber vitamin C yang bagus dan dapat meningkatkan kesehatan jantung serta dapat menghambat aterosklerotik (penumpukan lemak dan kolesterol di dalam dan di dinding arteri) lesi. Flavonoid yang terkandung dalam lemon seperti hesperidin dan diosmin juga dapat membantu tubuh dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
  4. Membantu menenangkan pencernaan, karena lemon tea dapat memberikan Anda efek menenangkan dalam pencernaan karena dikenal dapat menghilangkan racun dan produk limbah sehingga dapat memungkinkan tubuh Anda untuk dapat menyerap lebih banyak senyawa yang bermanfaat dalam makanan.
  5. Sebagai antiseptik alami, lemon tea memang mengandung banyak nutrisi yang baik dan dapat merawat tubuh. Lemon juga dikenal sebagai antiseptik alami seperti kandungan antibakteri dan antivirus, Anda dapat mendapatkannya dengan rutin mengonsumsi teh lemon, kandungan tersebut akan dapat membantu Anda dalam mengobati dan menyembuhkan infeksi serta penyakit.
  6. Meningkatkan aktivitas insulin, tubuh memerlukan energi untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, tubuh memerlukan insulin untuk mengubah glukosa atau gula menjadi energi.
  7. Membantu mengatasi pembengkakan pasca operasi, pembengkakan atau dalam dunia medis sering disebut edema akibat operasi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya suntikan, sel-sel lemak mati, dan juga darah yang terkumpul. Cairan yang mengumpul di antara jaringan tubuh tersebut dapat meningkatkan dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Akibat adanya hal tersebut mengonsumsi lemon tea sering kali direkomendasikan oleh dokter guna mengurangi keadaan edema dan dapat menghilangkan efek racun dari anestesi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan selama siklus menstruasi pada wanita.
  8. Membantu mengatasi flu, flu dapat menyerang ketika sistem imun tubuh seorang manusia sedang rendah, kelelahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan kurang dalam beristirahat pun dapat membuat tubuh Anda mudah terserang flu. Untuk mengatasinya Anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi lemon tea yang dapat Anda tambahkan dengan jahe.

Berikut cara membuat lemon tea yang dapat Anda coba untuk dapat mendapatkan manfaat yang telah dijelaskan di atas.

  • Menyiapkan bahan-bahan seperti air panas, 1 buah lemon, 1 kantung teh, dan gula pasir secukupnya.
  • Seduh teh dengan air mendidih ke dalam gelas, kemudian tambah gula secukupnya sesuai dengan selera Anda.
  • Memotong lemon yang telah di cuci hingga bersih, kemudian memasukkan potongan lemon ke dalam air teh yang sudah di seduh tadi.
  • Jika Anda menginginkan es, maka tambahkan es sesuai dengan selera Anda.

Leave a Comment