Cara Mengatasi Mencret dengan Jenis Makanan yang Tepat

Diare dapat dialami oleh siapa saja dari bayi hingga orang dewasa. Anda juga dapat mengalami diare kapan saja tergantung dari penyebabnya. Dimana untuk beberapa penyebab diare bisa untuk dihindari seperti yang dikarenakan masalah kebersihan dan pemilihan jenis makanan. Ketika terjadi diare akan mengalami mencret yang membuat frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Hal tersebut dapat membuat rasa lemas hingga dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Sehingga sangat penting untuk mengatasi hal tersebut dengan segera agar kondisi diare yang dialami tidak bertambah parah.

Salah satu cara mengatasi mencret ketika diare adalah dengan memilih makanan yang tepat. Dengan memilih makanan maka akan membantu mempunyai pencernaan yang lancar. Sehingga hal ini merupakan langkah penting untuk mengatasi diare yang dialami. Apabila dapat memilih makanan yang tepat, maka diare yang dialami akan sembuh kurang dari 3 hari sehingga tidak berbahaya. Akan tetapi apabila diare yang berlangsung lebih dari 3 hari, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Adapun untuk beberapa jenis makanan yang bagus dikonsumsi untuk membuat buang air besar lebih lancar dan bisa membentuk feses lebih padat adalah:

1. Makanan hambar

Jenis makanan pertama yang bisa dikonsumsi saat diare adalah makanan dengan rasa hambar. Rasa makanan memang menjadi pertimbangan penting saat diare agar dapat mengatasi gejala yang dirasakan. Makanan pedas dan rasa kompleks lainnya akan dapat membuat iritasi usus besar. Sehingga hal tersebut tentunya tidak bisa untuk mengatasi mencret yang dirasakan saat diare. Sebaliknya, akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa hambar yang akan lebih mudah dicerna. Makanan hambar tersebut akan memudahkan pencernaan dan membantu untuk mengatasi gejala diare dengan lebih baik. Beberapa jenis makanan hambar yang baik untuk mengatasi diare adalah:

  • Sereal panas seperti bubur beras, oatmeal, dan juga krim gandum.
  • Pilih buah yang dapat mengatasi diare yaitu apel dan pisang.
  • Pilih nasi putih yang biasa.
  • Roti panggang atau roti tawar biasa.
  • Kentang rebus maupun wortel.
  • Kerupuk yang tidak menggunakan bumbu.

2. Probiotik

Makanan selanjutnya yang baik untuk penderita diare adalah yang mempunyai kandungan probiotik. Diare dapat terjadi karena infeksi kuman yang masuk ke usus dan membuat mengalami mencret. Hal tersebut dapat dibantu dengan makanan yang kaya akan probiotik yang mempunyai bakteri baik dalam jumlah banyak. Sehingga hal tersebut membantu untuk menambah jumlah bakteri baik yang ada di dalam usus. Pilih makanan probiotik seperti yogurt tanpa rasa sebagai sumber probiotik terbaik. Selain itu bahan lain yang dapat dipilih adalah tempe, miso, dan probiotik non susu.

3. Perbanyak cairan

Cara mengatasi mencret saat diare lainnya adalah dengan memperbanyak cairan. Pemulihan diare akan lebih cepat apabila Anda mengkonsumsi banyak cairan. Hal tersebut juga bisa mengurangi resiko mengalami dehidrasi. Sehingga pastikan untuk mengkonsumsi banyak cairan saat diare seperti dengan mengkonsumsi air kelapa, air elektrolit, dan juga makanan berkuah yang bisa membantu mengatasi diare.

Dengan memilih makanan yang tepat seperti di atas akan membantu untuk membentuk feses lebih keras. Sehingga efeknya adalah akan membuat melancarkan buang air besar menjadi lebih normal dan tidak mencret. Selain itu pastikan juga untuk memperhatikan hal lainnya yang dapat membuat diare cepat sembuh. Seperti dengan beristirahat yang cukup, tidak stress, dan membatasi aktivitas fisik yang berat agar tidak mudah mengalami dehidrasi saat diare.

Leave a Comment