Selain Ramuan Herbal di Apotik, Ini Bahan Alami Yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik

Selain Ramuan Herbal di Apotik, Ini Bahan Alami Yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik

Saat asam lambung naik, keluhan yang dialami biasanya sangat beragam. Mulai dari sensasi terbakar atau panas di bagian dada hingga tenggorokan, ingin muntah, perut kram, mual, mulut terasa asam, dan masih banyak lagi. Saat kondisi ini terjadi, tentunya membuat penderitanya kurang nyaman. Untuk menghindari hal ini terjadi, menjalankan pola hidup sehat menjadi salah satu kuncinya. Namun jika saat ini kondisi asam lambung Anda sedang naik, maka perlu melakukan pengobatan segera. Anda bisa meredakan asam lambung dengan mengonsumsi obat tertentu. Ata bisa juga dengan mengandalkan bahan alami atau herbal untuk asam lambung.

Meskipun kini banyak sekali dijual obat kimia untuk pengobatan asam lambung, namun masih banyak orang yang lebih senang menggunakan obat herbal untuk asam lambung. Hal ini lantaran menggunakan bahan alami atau herbal dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Selain itu, bahan herbal yang digunakan umumnya cukup mudah untuk ditemukan di wilayah Indonesia, baik yang dijual maupun ditanam langsung oleh masyarakat setempat.

Obat herbal yang bisa didapatkan di apotik pada saat ini juga terbilang cukup banyak, bahkan beberapa diantaranya tanpa perlu resep dokter karena terbukti keamanannya. Diantaranya seperti obat yang telah dipercaya dari generasi ke generasi seperti Promag herbal yang menyerupai jamu karena terbuat dari herbal pilihan yang minim efek samping.

Selain Promag yang penggunaannya terbilang sangat praktis, untuk kebutuhan mengatasi penyakit asam lambung masih ada beberapa bahan alami atau herbal di sekitar kita yang ternyata bisa berkhasiat untuk meredakan kondisi ini. Adapun bahan alami atau herbal tersebut, antara lain:

  • Lidah buaya.

Lidah buaya dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya digunakan untuk keperluan pembuatan makanan, lidah buaya juga kerap digunakan untuk pembuatan kosmetik hingga pengobatan herbal.

Untuk pengobatan herbal, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung dengan mengambil sarinya. Dari penelitian menyebutkan dengan mengolah lidah buaya menjadi jus akan sangat efektif untuk mengurangi kenaikan kadar asam lambung dalam tubuh.

  • Pepaya.

Pepaya menjadi salah satu buah yang dikonsumsi untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, pepaya ternyata juga bisa digunakan untuk meredakan gejala asam lambung yang sering timbul, seperti sensasi panas pada bagian perut hingga dada (heartburn).

  • Kunyit.

Di Indonesia, kunyit banyak digunakan sebagai bumbu masakan, pembuatan minuman tradisional, hingga pengobatan. Khusus untuk pengobatan, kunyit nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung. Bagian kunyit yang digunakan terutama pada bagian rimpangnya.

Anda bisa menumbuk rimpang kunyit yang kering sampai berubah menjadi bubuk. Buat minuman hangat dengan menyeduh ½ sendok teh kunyit bubuk tersebut. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak memicu rasa mual, diare, atau bahkan alergi.

  • Temulawak.

Temulawak memiliki banyak kandungan zat atau senyawa di dalamnya, seperti kurkumin, minyak atsiri, selulosa, pati, dan mineral. Temulawak banyak digunakan untuk mengobati maag.

Selain itu bahan herbal yang satu ini juga bisa digunakan untuk meredakan asam lambung. Hal ini lantaran kandungan flavonoid dan kurkumin di dalamnya bisa membantu menangkal dari radikal bebas dan melindungi dinding lambung.

  • Mentimun.

Mentimun kerap digunakan sebagai pelengkap dalam makanan maupun dalam pembuatan minuman segar. Namun ternyata buah yang satu ini bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan asam lambung.

Di pasaran, harga timun tergolong sangat murah. Sehingga bagi Anda yang menderita asam lambung, bahan yang satu ini bisa menjadi alternatif pengobatan herbal yang sangat terjangkau.

Tanpa disadari, ternyata banyak sekali bahan alami atau herbal di sekitar kita yang bisa digunakan untuk meredakan asam lambung. Sehingga hal ini bisa menjadi solusi pengobatan bagi Anda yang ingin meredakan sakit asam lambung dengan cara alami yang aman dan tanpa efek samping. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *