Gangguan-gangguan Kesehatan Ini Dapat Diatasi dengan Fisioterapi di Rumah

Ada banyak sekali tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengobati sebuah penyakit, tak melulu dengan cara mengonsumsi obat. Lebih dari itu terkadang pasien juga membutuhkan terapi secara fisik atau yang dikenal sebagai fisioterapi guna memulihkan kondisi tubuhnya agar bisa kembali seperti sedia kala. Fisioterapi ini sendiri fungsinya tak lain adalah untuk mengembalikan kemampuan atau fungsi tubuh seperti sedia kala. Biasanya bagi orang-orang yang mengalami cedera tertentu atau bahkan gangguan syaraf.

Umumnya banyak diantara rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang memiliki layanan dari seorang terapis yang sudah berpengalaman ini. Bahkan jika dilihat sekarang ini tak jarang diantaranya layanan fisioterapi di rumah yang juga dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Memang tak jarang diantaranya orang-orang yang kurang menyukai melakukan terapi di rumah sakit, selain merasa kurang nyaman juga harus antri cukup lama guna mendapatkan layanan tersebut, sehingga lebih memilih yang praktis.

Lalu sebenarnya gangguan-gangguan atau masalah kesehatan apa yang butuh penanganan dengan fisioterapi ini? berikut yang harusnya Anda ketahui, yaitu:

  1. Cedera sendi, tidak dapat dipungkiri jika seandainya cedera pada bagian sendi ini termasuk dalam masalah kesehatan yang paling umum dialami oleh masyarakat. Meskipun tampak sepele namun hal ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan tak jarang diantara penderitanya yang kesulitan dalam bergerak. Fisioterapi di rumah yang dilakukan ini nantinya akan mampu untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan tersebut dan mengembalikan fungsinya seperti awal lagi.
  2. Arthritis, ada banyak pilihan pengobatan yang dapat dijalani oleh pasien dengan gangguan yang satu ini, tak hanya dengan konsumsi obat-obatan saja, melainkan juga tindakan fisioterapi jika kondisinya sudah cukup parah. Bentuknya sendiri adalah dengan pijatan yang disertai dengan beberapa sarana atau alat penunjang. Bahkan dengan teknik hidroterapi juga sangat bagus digunakan untuk meringankan gejala nyeri pada pasien arthritis ini.
  3. Penyakit kardiovaskuler, patut untuk diketahui bahwa ternyata gangguan kesehatan yang satu ini dampaknya bisa sangat fatal tidak diatasi dengan tepat. Pada penderita penyakit jantung dan juga gangguan sistem pembuluh darah ini umumnya akan membuat penderitanya merasa kurang nyaman, bahkan untuk bergerak juga jadi mudah lelah, dengan adanya fisioterapi maka akan membantu meredakannya.
  4. Gangguan pada sistem saraf, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf ini nyatanya juga bukan sesuatu yang bisa disepelekan, diantaranya cukup berat seperti stroke yang memang bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada penderitanya. Fisioterapi akan membantu pasien untuk mendapatkan kemampuan fungsi tubuhnya seperti dulu lagi meskipun tidak bisa seratus persen, namun akan meningkatkan kualitas hidup mereka.
  5. Sakit leher dan kepala, khususnya yang berhubungan dengan saraf, bisa jadi juga karena salah posisi tidur sehingga menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan, hal semacam ini juga bisa dibantu dengan fisioterapi. Karena perlahan hal tersebut akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.
  6. Inkontinensia urine, yaitu sebuah kondisi ketika seseorang tidak mampu menahan hasrat ingin buang air kecil, jadi akan mudah mengompol. Hal tersebut nyatanya dapat dibantu diatasi dengan jalan melakukan fisioterapi.

Layanan fisioterapi di rumah ini sekarang bisa dipesan secara lebih mudah dengan menggunakan aplikasi dari Aido Health, sehingga Anda tak perlu repot-repot datang ke rumah sakit. Karena petugas kesehatan yang nantinya akan datang ke rumah untuk menjalankan tindakan fisioterapi.

Leave a Comment