Ingin Ambil Kredit KTA Online? Kenali Dulu Perbedaan Fintech Legal dan Ilegal Agar Tidak Salah Pilih

Semakin tingginya tingkat kebutuhan hidup membuat sebagian orang tidak cukup dengan uang penghasilan yang diterima tiap bulannya, sehingga mengharuskan mereka untuk mengajukan kredit atau pinjaman ke berbagai lembaga keuangan. Salah satu yang sering dituju adalah kredit KTA secara online atau yang dikenal juga sebagai pinjaman online. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda bahwa beberapa waktu belakangan ini produk pinjol begitu populer di tengah-tengah masyarakat. Bahkan semakin lama keberadaannya jadi semakin banyak.

Tukang Taman Jakarta Profesional dan Terpercaya

Tukang Taman Jakarta https://niscalagarden.web.id/ adalah jasa profesional Design dan Kontraktor Landscape yang mengerjakan berbagai macam type atau model taman mulai dari Taman Mediterania, Taman Minimalis, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Klasik, Taman Vertikal, Taman Kering, dan juga mengerjakan taman untuk penghijauan perumahan, Pabrik, Kantor, Hotel, Universitas. dll

Kunjungi tukang taman jakarta apabila anda menginginkan taman anda rapi dan indah dipandang mata. Jangan sampai taman anda seperti tempat pembuangan sampah.

Umumnya mereka tawarkan hal yang sama, yaitu kemudahan di dalam mengajukan kredit, cukup dengan mengisi formulir online disertai dengan bukti foto wajah dan juga KTP, maka uang yang diinginkan akan langsung cair. Namun banyak juga diantara masyarakat atau debitur yang merasa dirugikan atas hal ini. Karena ternyata suku bunga yang ditawarkan nilainya begitu besar atau sangat memberatkan. Bahkan beberapa yang tidak mau membayar terus menerus di teror oleh debt collector.

Hal ini terjadi karena sebelumnya debitur tersebut tidak hati-hati di dalam memilih lembaga pemberi pinjaman, kebanyakan diantaranya asal pilih, tanpa mengetahui apakah lembaga tersebut legal atau tidak. Untuk itu maka berikut ini diantaranya beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membedakan antara lembaga pemberi kredit KTA online yang resmi dan juga tidak, yaitu:

  1. Terdaftar dalam OJK, semua perusahaan keuangan berbasis teknologi atau fintech hendaknya sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan, hanya saja fintech yang ilegal tidak mendaftarkan diri mereka ke OJK ini, sehingga sangat mudah untuk dilakukan pengecekannya. Jangan asal tergiur karena kemudahan, pertimbangkan juga keamanannya untuk cegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena faktanya fintech yang tidak resmi ini sering kali membuat aturan sendiri yang tidak masuk akal.
  2. Memiliki alamat resmi dan juga nomor yang dapat dihubungi, hal ini juga sangatlah penting, karena hendaknya perusahaan pinjaman online juga memiliki kantor yang dapat dikunjungi untuk menyelesaikan masalah jika seandainya terjadi sesuatu. Sedangkan perusahaan ilegal tidak mencantumkan alamat resmi mereka.
  3. Bunga yang masuk akal, pada dasarnya bunga ini sudah menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah lembaga keuangan, namun nilai bunga juga masih dalam batasan wajar. Jika seandainya fintech tersebut menawarkan kemudahan di dalam mengajukan pinjaman, namun bunga yang menyertainya tidak terbatas atau sangatlah tinggi, artinya perusahaan ini tidak sehat untuk Anda, jangan mengajukan pinjaman kesini.
  4. Ada batasan waktu yang jelas penyelesaian hutang tersebut, sering kali tidak ada tenor yang jelas dalam pengembalian pinjaman artinya debt collector terkadang tiba-tiba langsung menagih ke rumah Anda, padahal sebenarnya belum waktunya untuk membayar. Bahkan sering kali disertai dengan denda yang nominalnya tidak masuk akal.
  5. Ada layanan pengaduan, semua lembaga keuangan pastinya akan menyertai hal ini, sehingga jika tidak puas dengan pelayanan yang diberikan bisa langsung mengadu. Namun perusahaan fintech abal-abal tidak menyertakan hal tersebut, sehingga sering kali debitur di teror dengan kekerasan secara verbal bahkan juga disalahgunakan data pribadinya, tentu ini sangat menakutkan bukan.

Mulai sekarang hendaknya Anda harus hati-hati jika ingin mengajukan kredit KTA online, jangan hanya tergiur karena kemudahan dan juga butuh dana secara mendesak saja, pikirkan juga jangka panjangnya. Karena bisa jadi nantinya hal ini berdampak buruk kepada Anda dan juga keluarga di masa yang akan datang.

Sedkit info tambahan referensi, jika ingin membaca artikel seputar keuangan dan pinjaman mungkin bisa mengunjungi website adakami.

Leave a Comment