Apakah Vaksin Sinochem Efektif?

Sumber : wowkeren.com

Vaksin Sinochem atau lebih dikenal dengan nama Sinovac sudah hadir di Indonesia. vaksin ini masuk dalam tahap uji klinis fase 3 dengan melibatkan 1.620 relawan. Bahkan pada pemberian dosis keduanya vaksin sudah melibatkan 1074 orang. Masuk ke dalam tahap final, vaksin asal Tiongkok ini hadir di Indonesia pada pekan lalu. Rencananya akan diberikan kepada masyarakat umum namun tetap harus menunggu terlebih dahulu izin penggunaan dari BPOM.

Untuk target pemberian vaksin corona kepada masyarakat adalah pada 170 orang dengan 2 dosis vaksin per orangnya. Jadi bisa dikatakan bahwa total keseluruhan vaksin yang akan diberikan di tahap awal adalah 340 juta dosis.

Vaksin Sinochem, Harapan Baru Masyarakat

Dikatakan kemunculan vaksin Sinochem layaknya oase di padang pasir, karena memberikan secercah harapan baru kepada masyarakat di seluruh dunia khususnya Indonesia. Di mana kedatangan vaksin sudah ditunggu-tunggu sejak kemunculan awalnya virus pada Maret 2020 lalu. Sudah melewati serangkaian uji coba, kini vaksin tinggal hanya menunggu beberapa tahapan lagi sebelum akhirnya diberikan kepada masyarakat.

Sinochem adalah vaksin yang menggunakan versi lemah atau inaktivasi dari virus agar bisa memancing respon kekebalan tubuh. Vaksin ini masuk dalam golongan innactivated vaccine. Kategori vaksin ini membutuhkan beberapa dosis secara berkala agar bisa mendapatkan kekebalan tubuh berkelanjutan pada suatu penyakit. vaksin ini sebelumnya digunakan untuk penyakit Folio, Hepatitis A dan Rabies.

Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan vaksin covid yang berasal dari Tiongkok ini. Tidak hanya Negara Indonesia saja, Bangladesh dan juga Brasil ikut melakukan uji klinis untuk vaksin ini. di Indonesia sendiri hasil uji klinis terhadap vaksin ini dilakukan di Universitas Padjajaran Bandung. Selama proses pengujian pada relawan, para ahli menemukan para relawan tersebut masih dalam keadaan baik-baik saja. Namun relawan tetap dipantau dan dimonitor secara berkala setelah pemberian vaksin pada periode 1 bulan, 3 bulan dan juga 6 bulan.

Harga Vaksin Sinochem

Masyarakat umum, tentu sangat senang dengan kehadiran vaksin ini. Namun disisi lain juga penasaran dengan harga vaksin  per-dosisnya. Karena seperti diketahui, berita seputar apakah vaksin akan diberikan oleh negara secara gratis untuk semua lapisan masyarakat atau tidak masih belum jelas. Namun di negara asalnya yaitu Cina, vaksin ini dijual dengan banderol harga Rp. 421.000 untuk setiap dosisnya.

Nah, Bio Farma yang ditunjuk sebagai produsen vaksin ini juga belum menentukan harga fakta pasti vaksin yang akan dijual di Indonesia. Namun menurut Perusahaan Bio Farma, harga kisaran yang akan dikeluarkan adalah mulai dari Rp 73.250 untuk setiap dosisnya.Tetapi harga ini tentu belum merupakan harga final. Apalagi beberapa waktu lalu sempat disinggung vaksin akan diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Bio Farma sebagai produsen vaksin, juga berencana akan melabeli vaksin dengan sertifikasi halal dari MUI. Dan rencananya vaksin akan didistribusikan pada 2021 mendatang dengan bahan baku halal tentunya.

Dari beberapa informasi di atas, untuk anda sudah bisa menilai ke-efektifitas-an dari vaksin Sinochem yang sebentar lagi akan beredar dan digunakan untuk masyarakat Indonesia. Terlebih vaksin akan dilabeli halal sehingga akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin pencegah corona ini. Dapatkan pula berita seputar vaksin untuk corona terupdate hanya di platform Halodoc. Halodoc adalah platform kesehatan bagi keluarga Indonesia yang bisa anda akses melalui website. Baik di komputer/PC, laptop atau pun Android dan iPhone.

Leave a Comment